Keseimbangan Mental Spiritual

Dale Carnegie dalam bukunya berjudul petunjuk hidup tentram dan bahagia mengulas tentang keseimbangan dan kesehatan mental dan spiritual dan kaitannya dengan kesehatan fisik seseorang.

Tahukah anda?

Penyakit belum tentu berasal dari lingkungan, seperti virus atau bakteri. Penyakit pada manusia dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Satu diantaranya adalah ke-tidakseimbang-an mental atau sering kita sebut dengan stress. Penyakit yang diakibatkan oleh ke-tidakseimbang-an mental sulit sekali disembuhkan, karena faktor penentunya bukan berasal dari faktor external, melainkan faktor internal, yakni mental, pikiran dan diri sendiri.

Penyakit yang diakibatkan stress beraneka ragam, dimulai dari sakit kepala sampai kepada borok perut. Anda makan makanan terbaik, tinggal di tempat terbaik dan

Stress

Stress

menjauhi makanan yang tidak sehat. Apakah menjamin anda akan selalu sehat?

Jawabannya adalah tidak. Selain faktor nutrisi yang mempengaruhi kesehatan individu, kita juga harus memperhatikan aspek mental dan psikis dari seseorang. Emosi seseorang akan memicu sekresi hormon dari orang tersebut. Itulah sebabnya ada kalanya seorang dokter menyarankan kepada pasiennya untuk tidak stress.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki agama / memiliki spiritualitas cenderung memiliki mental yang lebih seimbang dan sehat. Agama mengajarkan kita untuk melakukan sebaik mungkin dan menyerahkan sisanya kepada Tuhan. Sikap pasrah ini mengurangi tingkat stress.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Health dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s