Stress dan Dampaknya

Apa yang terjadi sewaktu Anda berlari mengejar bus atau kereta api? Pastilah Anda dapat merasakan respons tubuh anda yang menaikkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung Anda. Seandainya Anda ketinggalan kendaraan itu, denyut jantung dan pernapasan Anda pada umumnya akan kembali normal.

Reaksi Tubuh Anda terhadap Stress
Dr. Arien van der Merwe, seorang pakar dalam bidang ini, menjelaskan reaksi tubuh kita terhadap stress. Tubuh kita dalam sekejap bertindak dan “stress dengan cepat memicu produksi kimia saraf dan hormon yang kompleks dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, mempersiapkan setiap organ dan sistem untuk cepat menanggapi keadaan darurat.”

Stress

Stress

Anda akan segera siap bertindak di luar normal. Semua indra anda-termasuk penglihatan, pendengaran dan peraba terlibat. Otak cepat bereaksi, dan kelenjar adrenal segera mengeluarkan berbagai hormon yang kuat, memacu otot maupun jantung, paru-paru dan organ lainnya untuk melakukan apapun yang perlu demi mengatasi situasi yang menimbulkan stress.

Jadi, dalam keadaan darurat respons tubuh kita terhadap stress dapat menyelamatkan nyawa kita, misalkan sewaktu kita melompat untuk menghindari mobil yang melaju ke arah kita. Tetapi, sama sekali berbeda apabila stress tidak kunjung mereda.

Sewaktu Stress Menjadi Musuh
Bagaimana jika tubuh kita terus-menerus terpacu? Otot-otot kita terus tegang, denyut jantung dan tekanan darah tetap tinggi, dan kadar kolesterol, lemak, gula, hormon dan bahan kimia lainnya tetap tinggi dalam darah. Jika kadar kimiawi yang tinggi itu berkepanjangan, padahal sebenarnya dimaksudkan untuk kegiatan yang singkat, intensif dan sekali-sekali, hal itu akhirnya akan merusak organ-organ tubuh yang penting. Apa konsekuensinya?

Anda mungkin merasa nyeri di punggung, di kepala, kejang otot leher dan ketegangan otot. Menurut para dokter, gejala-gejala tersebut sering kali berkaitan dengan stress yang kronis. Stress yang berkepanjangan dapat menghambat kreatifitas dn produktivitas, dan juga dapat mengikis antusiasme dan merusak hubungan antarsesama. Hal itu juga dapat menyebabkan sindroma usus besar yang mengganggu, diare dan kekejangan di tenggorokan. Konsekuensi stress yang kronis barangkali bahkan bisa lebih serius lagi. Stroke, serangan jantung, gagal ginjal, berbagai problem jantung dan pembuluh darah, serta diabetes bisa disebabkan atau diperparah oleh stress yang berlarut-larut.

“Karena sekresi kortisol dalam stress jangka panjang,” ditulis Van der Merwe, “lemak cenderung menumpuk di sekitar perut dan punggung.” Gangguan kulit, seperti eksem dan psoriasis, dikaitkan dengan-atau diperparah oleh-stress. Stress berat juga dihubungkan dengan depresi, sikap lebih agresif, dan kehabisan tenaga. Daya ingat serta konsentrasi juga dapat rusak akibat stress yang terus-menerus. Sistem kekebalan tubuh yang sangat terbebani oleh stress jangka panjang dapat membuat seseorang rentan terhadap penyakit mulai dari selesma biasa hingga kanker serta berbagai penyakit autoimun.

Stress sangat besar pengaruhnya atas semua aspek kesejahteraan-mental, fisik, emosi dan rohani-jadi kita perlu mengetahui cara mengendalikannya. Meskipun demikian, kita tidak ingin menyingkirkan sama sekali respons tubuh kita terhadap stress. Mengapa?

Kita bisa mengumpamakan stress seperti kuda yang lincah yang dapat menjadi tunggangan yang baik dan menyenangkan. namun, jika kuda itu menjadi liar dan tidak terkendali, ia dapat membahayakan kehidupan kita. Demikian pula, stress dalam dosis yang dapat dikendalikan bisa membuat kehidupan ini menyenangkan, memberi kita dorongan untuk kreatif, produktif, antusias dan sehat.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Health dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Stress dan Dampaknya

  1. sofie05 berkata:

    wah ternyata dampak stress itu banyak bgt ya…..
    mesti hati2 sm stress ni…. 🙂

    • hendrybdg87 berkata:

      Halo, Salam kenal. Ia benar, stress itu berbahaya sekali. Aku baca buku, ada orang sampai terancam mati karena stress. Ketika pasrah dan sudah tidak memikirkan masalahnya malah sembuh. Benar-benar aneh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s