Spam Penipu Berkedok ‘Dislike’ Intai Para Pengguna Facebook

Facebook Alert

Perusahaan keamanan Sophos mengingatkan adanya scammers yang coba membodohi pengguna Facebook dengan tombol “Dislike”.

Tombol palsu itu untuk menanam software berbahaya ke komputer korbannya.

Padahal Facebook tidak memiliki tombol “Dislike”. Facebook hanya memiliki ikon “Like” yang digunakan anggota jaringan sosial terbesar di dunia itu untuk mendukung komentar online, cerita, foto atau konten lain.

“Dalam survei terakhir memperlihatkan penyebaran scam virally di Facebook, dengan menggunakan rumus mencoba-dan-teruji dengan penipuan virus lainnya,” ujar Graham Cluley dari Sophos, seperti yang diberitakan Softpedia, Selasa (17/8/2010).

“Biasanya aksi ini menipu Anda agar memberikan apppermission FB berkonten dewasa untuk mengakses profil Anda, posting pesan spam dari account Anda dan meminta Anda untuk mengisi survei online,” tambahnya

Cluley menjelaskan penipuan dengan modus ‘dislike’ ini diformulasikan untuk menggoda pengguna agar mudah tertipu yang ingin mengekspresikan pendapat negatif tentang posting, link dan upload.

Hacker menjebak pengguna Facebook agar menginstal aplikasi tombol “Dislike”, di mana secara bergurau tombol digambarkan “sekarang, aku bisa tidak suka dengan semua posting bodoh Anda.”

Setelah diberikan izin untuk mengakses profil pengguna Facebook, aplikasi akan memompa spam dari akun tersebut, dan menyebarkan secara otomatis dan mengundang teman-teman untuk memasang tombol serupa, lapor Sophos.

Seperti diketahui, Facebook memberikan layanan terbaru dengan menghadirkan link atau fans page dengan pengguna memencet tombol ‘dislike’ akan mendapatkan informasi terbaru di link atau fans page yang dibuat.

Tipuan itu merupakan kelanjutan dari trik berupa link jebakan termasuk “ular terbesar dan paling menakutkan” dan “pelanggan McDonald terburuk dunia”. (ar/inl/ok) (www.suaramedia.com)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s