Waspada, Jika Lutut Berbunyi “Kretek, kretek..”

OsteoporosisJika suatu hari Anda mendapati lutut Anda menekuk dan sedikit melintir disertai bunyi “kretek, kretek..”, waspadalah. Mungkin lutut Anda mengalami cedera karena sendinya rusak.

Dr Franky Hartono, SpOT dari Siloam Hospitals mengatakan, kerja sendi lutut yang normal sama seperti gerakan engsel yang mulus tanpa suara. “Berbeda dengan sendi yang rusak, hampir sama dengan engsel rusak atau karatan sehingga berbunyi,” ujar dr Franky dalam seminar bertajuk “Pinggang Kecetit dan Dengkul Kopong di Jakarta, Sabtu (28/2).

Gangguan ini lebih sering dialami oleh perempuan daripada laki-laki dengan perbandingan 4:1.

Osteoarthritis is a common age-related

Menurut dr Franky, kerusakan sendi ini disebut pula dengan dengkul kopong (Osteoarthritis). Osteoarthritis berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan bentuk pengeroposan tulang. Biasanya identik dengan penyakit rhematik, pengapuran serta nyeri dan kaku. Akibatnya, timbul rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh.

“Tapi sebab utamanya biasanya karena cedera, seperti keseleo, akibat kerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga yang berat,” tutur dr Franky.

Tingkat kerusakan pun akan memengaruhi solusi pemulihannya. Dr Franky mengatakan, berbagai solusi mulai dari memperbaiki posisi tubuh dan pola makan pribadi hingga operasi dapat ditempuh karena umumnya cedera ringan lutut hanya membutuhkan istirahat dan penguatan otot dan sendi. “Tapi jangan sudah parah baru ke dokter. Sudah datang ke shinse, dukun urut, enggak berhasil, baru datang,” tandas dr Franky. (Kompas.com)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Health dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Waspada, Jika Lutut Berbunyi “Kretek, kretek..”

  1. tunggudulu berkata:

    info yang menarik….buat pencegahan lebih awal

    • hendrybdg87 berkata:

      Ya, kalau kretek-kretek minum makanan yang ada chrondroitin sulfat. Gamat salah satu makanan yang ada chrondroitin sulfat. Itu seperti pelumas untuk tulang dan zat pembentuk tulang rawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s