Danau Sejuk Dengan Masa Lalu Yang Dahsyat

Danau Toba Picture Taken from wisatanews.indonesiatravel.biz

Danau Toba Picture Taken from wisatanews.indonesiatravel.biz

Danau Toba yang panjangnya 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer tidak diragukan lagi merupakan danau kawah terbesar di dunia. Air tawar yang terdapat dalam danau itu cukup untuk menggenangi seluruh Kerajaan Inggris hingga setinggi kira-kira satu meter. Perairan yang spektakuler ini dikelilingi oleh puncak-puncak gunung berapi berwarna hijau yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Danau ini begitu indahnya dari sisi manapun sehingga juru foto tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengabadikannya.

Danau Toba dan Pulau Samosir Taken From kaskus.us

Danau Toba dan Pulau Samosir Taken From kaskus.us

Danau ini terbentuk akibat satu atau beberapa letusan gunung berapi yang luar biasa besar, yang menurut beberapa ilmuan boleh jadi termasuk di antara letusan terdahsyat dalam sejarah bumi. Belakangan, kawahnya yang sangat besar dipenuhi air, sehingga terbentuklah apa yang kini dikenal sebagai Danau Toba. Naiknya dasar danau karena berbagai pergeseran menghasilkan Pulau Samosir yang indah, luasnya 647 kilometer persegi, kira-kira seluas Republik Singapura.

Air Terjun Sipisopiso, di ujung utara Danau Toba, Taken from portalsumut.com

Air Terjun Sipisopiso, di ujung utara Danau Toba, Taken from portalsumut.com

Danau toba terletak kira-kira 300 kilometer dari khatulistiwa, namun yang mengherankan iklimnya sejuk, karena danau ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Pohon-pohon enau dan pinus tumbuh bersama-sama dengan subur di firdaus yang sejuk ini.

Danau ini menjadi semacam garis pemisah ekologi buat sejumlah hewan. Misalnya, di sebelah utara danau terdapat orangutan, lutung dan monyet pemakan daun. Sedangkan di bagian selatannya terdapat Tapir Melayu, ingkir dan monyet lingkur.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Unik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s