Poni Shetlandia

Shetland Pony, picture by gotpetonline.com

Shetland Pony, picture by gotpetonline.com

Seandainya anda pernah pergi ke kebun binatang, mungkin anda pernah melihat atau bahkan menunggang kuda poni Shetlandia. Sesuai namanya, poni Shetlandia berasal dari kepulauan Shetlandia di sebelah timur laut Skotlandia. Malah, para arkeolog yang mengadakan penggalian di sanatelah menemukan tulang-belulang kuda-kuda poni kecil yang usianya ribuan tahun.

Poni Shetlandia mudah dikenali dari kakinya yang pendek, surai dan ekornya yang panjang dan bulu yang tebal, yang melindunginya dari cuaca buruk di habitat asalnya. Tinggi poni ini biasanya 70 hingga 107 centimeter dan umumnya berwarna hitam atau cokelat gelap. Tidak seperti kuda lain, poni shetlandia diukur dengan satuan inci, bukan ‘tangan’, yang setara dengan 4 inci atau 10,2 sentimeter. Standar tinggi maksimumnya adalah 107 sentimeter, kecuali poni Shetlandia Amerika, yang tinggi maksimumnya 117 centimeter.

Meski perawakannya kecil, poni Shetlandia punya tenaga yang kuat. Malah, dilihat dari ukurannya, mereka adalah ras kuda yang paling kuat. Itu sebabnya poni ini dahulu digunakan untuk mengangkat gambut, membajak ladang dan bekerja di tambang batu bara, yang terowongannya hanya bisa dilwati oleh binatang sekecil ini. Malah banyak poni yang seumur hidupnya berada dalam tambang, tidak pernah melihat cahaya matahari.

Jika dilatih dengan tepat, poni Shetlandia adalah hewan yang lembut dan jinak, sehingga ideal untuk menemani anak-anak. Mungkin karena tempramennya yang baik, ada hasil-hasil yang positif dicapai sewaktu ras kuda ini digunakan dalam program terapi bagi orang cacat.

Horse and a pony, picture by dailymail.co.uk

Horse and a pony, picture by dailymail.co.uk

Mengingat sifat-sifatnya yang menawan dan kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan yang sangat berbeda, poni Shetlandia telah diekspor ke seluruh dunia dan banyak klub didirikan serta surat silsilah dibuat untuknya. Tetapi, nama binatang ini masih berkaitan dengan pulau asalnya, dimana ras Shetlandia yang luar biasa ini masih berkembang dengan sehat dan murni secara genetik

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Unik dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s