Perlunya Pengetahuan

Ilustrasi“Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik, orang yang tergesa-gesa akan salah langkah” Ams 19:2. Kata-kata yang saya baca malam ini sungguh membuat saya terkejut. Bukankah untuk menjadi orang yang besar harus rajin? Bahkan beberapa buku menyebutkan hal yang sebaliknya, orang yang bodoh sekalipun asalkan rajin dan ‘take action’ pasti bisa berhasil.

Saya pernah membaca buku yang berkebalikan dengan apa yang saya baca malam ini yang menyebutkan bahwa orang jaman sekarang terlalu banyak membuat rencana. Rencana A, rencana B dan rencana C, tapi semua itu sia-sia, karena rencana-rencana yang dibuat sebenarnya merencanakan kegagalan. Rencana A gagal beralih ke rencana B, rencana B gagal beralih ke rencana C. Jadi rencana yang dibuat untuk apa? Kalau akhirnya gagal… (kata bukunya)

Pemikiran di buku tersebut sangat menarik. Tapi, apa yang terjadi jika tidak membuat rencana sama sekali? Orang yang memulai usahanya dari 0 dan kurang pengalaman memang harus bekerja ekstra, jauh lebih keras dan berhati-hati dibandingkan orang yang meneruskan usaha nenek moyang ataupun orang yang bekerja kepada orang lain. Hal ini dikarenakan modal yang amat terbatas (tentu saja, namanya juga dimulai dari 0 – mungkin juga taruhannya hilang rumah jika usahanya gagal). Apakah untuk orang yang modalnya minim bisa pakai tekad saja tanpa rencana?

Saya berpendapat bahwa kerajinan dan pengetahuan adalah dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Banyak orang memiliki impian yang besar, tapi pertanyaannya sudah cukupkah skill, pengalaman hidup, modal dan sebagainya untuk mencapai impian tersebut? Rajin dan berani take action memang bagus, tapi tanpa pertimbangan yang matang, pengetahuan yang memadai dan skill yang matang dan hanya berpatokan pada impian dan langsung mau menggapainya apakah bukan tergesa-gesa namanya?

Pembaca punya pendapat? Silahkan berkomentar di blog saya yang sederhana ini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Life Philosophy dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s