Tiga Cara Kuatkan Tulang

Sumber: http://health.kompas.com

Puncak massa tulang dicapai ketika seseorang berusia 30 tahun. Setelah itu massa tulang akan menurun, bahkan penurunannya meningkat hingga 5 persen per tahun setelah menopause. Agar hal itu tak terjadi, cobalah tiga langkah berikut untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

1. Minum produk susu dan olahannya
Selain karena kaya akan kandungan kalsium yang berguna untuk mempertahankan kekuatan tulang, produk susu dan olahannya yang rendah lemak akan membantu Anda kenyang lebih lama. Konsumsi setidaknya dua porsi produk susu serta olahannya setiap hari, misalnya segelas susu dan 200 gram yogurt atau dua lembar keju. Bila Anda sudah mengalami menopause, tingkatkan asupannya hingga tiga kali sehari.

2. Lakukan latihan kekuatan
Untuk membantu menguatkan, tulang membutuhkan aktivitas yang melibatkan hentakan atau kekuatan. Coba lakukan aktivitas hentakan tinggi seperti joging, aerobik, atau lompat tali.

3. Asup karoten lebih banyak
Karotenoid, yaitu pigmen antioksidan yang terdapat pada sayur berwarna kuning, jingga, merah, dan hijau tua, membantu mengenyahkan penurunan tulang terkait dengan usia. Studi di Amerika Serikat menemukan bahwa asupan tinggi karoten, terutama likopen yang banyak terkandung dalam tomat berwarna merah, dapat melindungi perempuan usia lanjut dari risiko penurunan kepadatan tulang belakang. (GHS/dee)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tiga Cara Kuatkan Tulang

  1. prihantini berkata:

    osteporosis apa penyakit keturunan, bagaimana langkah saya dengan usia mendekati 50 th sdh menapouse, karena ibu saya lumpuh karena menderita osteporosis.terimakasih bantuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s